Si Kecil Alami Bayi Kuning? Perhatikan Tips Menyusui Ini

Bagi setiap orang tua melihat bayinya lahir dalam keadaan sehat dan tak kurang satu apapun merupakan salah satu hal yang paling membahagiakan. Namun ternyata ada beberapa bayi yang lahir dengan penyakit kuning yang disebabkan kerana penumpukan pigmen bilirubin. Untuk itu jika si kecil mengalami masalah bayi kuning, pastikan Anda memperhatikan tips menyusui ini.

Posisi Bayi
Ternyata posisi bayi juga merupakan hal yang perlu Anda perhatikan ketika menyusui si kecil yang memiliki penyakit kuning. Pastikan bayi dapat menyusui dengan efektif dalam posisi yang nyaman. Tak hanya itu saja, pastikan posisi putting Anda juga tepat pada mulut bayi sehingga sang buah hati dapat dengan mudah meminum ASI.

Kontak Kulit
Ternyata kontak fisik yang dilakukan oleh ibu dan bayi dapat membuat si kecil dapat merasa lebih nyaman dna hangat selama dalam dekapan. Pasalnya selama menyusui suhu tubuh Anda akan lebih meningkat dari biasnya. Namun jika sebelumnya tidak pernah terjadi kontak fisik antara ibu dan anak dikhawatirkan akan menyebabkan si kecil kepanasan karena tidak terbiasa kontak fisik.

Metode Menyusui
Ternyata menyusui buka hanya sekadar memberikan ASI kepada sang buah hati. Ternyata ada beberapa metode yang perlu Anda perhatikan. Salah satu metode menyusui yang paling tepat dilakukan ketika menyusui bayi kuning adalah metode double nursing. Double nursing merupakan metode menyusui bayi dengan dua metode.

Metode tersebut adalah menyusui bayi dengan keadaan tidur dan menyusui bayi dengan keadaan duduk atau berdiri. Cobalah untuk mengendong bayi dalam keadaan berdiri dan biarkan si kecil bersendawa demi melancarkan pencernaan dan tenggorokan. Setelah 10 hingga 20 menit biarkan si kecil menyusu dalam posisi tiduran.

Gunaan Kedua Payudara untuk Menyusui
Saat menyusui sang buah hati dengan menggunakan metode switch nursing, pastikan juga Anda menyusui dengan metode bergantian dari payudara sebelah kiri ke payudara sebelah kanan. Pergantian posisi payudara ini dapat Anda lakukan ketika si kecil sedang tertidur. Pastikan juga sesekali menggosok punggung sang buah hati agar tidak sendawa.

Usahakan Bayi Tidak Tertidur Saat Meminum ASI
Pada umumnya bayi yang menderita penyakit kuning cenderung lebih banyak tidur. Meski begitu agar tetap sehat dan cepat sembuh dari penyakitnya si kecil juga harus tetap mendapatkan asupan ASI yang cukup. Untuk itu cobalah bangunkan si kecil dan berikan ASI. Selain itu pastikan juga agar sang buah hati menyusu dalam keadaan yang tidak tertidur.

Konsultasi dengan Dokter
Hal terpenting yang perlu dilakukan adalah rutin melakukan konsultasi dengan dokter ketika sang buah hari didiagnosis menderita penyakit kuning. Ikutilah semua petunjuk dokter demi kesembuhan snag buah hati. Apabila terjadi masalah jangan ragu untuk melakukan konsultasi dan meminta saran.

Itulah beberapa tips menyusui bayi kuning yang perlu diperhatikan. Selain itu pastikan juga si kecil tetap merasa nyaman ketika bersama dengan Anda. Cobalah untuk mengajaknya berbincang dan membuatnya merasa berarti bagi Anda. anda juga bisa mendapatkan tips-tips menarik lainnya seputar si kecil hanya di orami.co.id.