Ini Dia Cara Memperbanyak Asi Secara Alami

Tidak semua ibu yang baru melahirkan, bisa memproduksi dan memberikan ASI yang cukup untuk bayinya. Ketika seorang ibu yang baru saja melahirkan dan ternyata tidak memproduksi cukup ASI, tentu saja hal ini membuat ibu akan sangat khawatir apakah bayinya bisa mendapatkan cukup ASI atau tidak. Sebagian besar para ibu yang memproduksi ASI tidak dalam jumlah besar kemudian akan langsung beralih pada susu formula. Padahal makanan utama untuk bayi yang baru lahir adalah ASI. ASI harus bisa diberikan secara eksklusif pada enam bulan pertama agar manfaat dari ASI dapat dirasakan dalam jangka waktu yang panjang. Dengan rutin memberikan ASI pada bayi enam bulan pertama kelahiran juga akan meminimalisir adanya alergi. Hal ini disebabkan karena ASI juga berperan membantu meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung zat antibodi.  Untuk hal demikian bagi ibu yang belum bisa memproduksi ASI yang banyak maka ada beberapa cara memperbanyak asi yang bisa dipelajari.

Jika kita merupakan salah satu dari sekian banyak ibu yang tidak memproduksi ASI dalam jumlah banyak maka janganlah terburu-buru untuk memberikan susu formula pada bayi. Kita bisa memperbanyak ASI secara alami. Berikut ini ada beberapa cara memperbanyak ASI untuk ibu yang melahirkan.

1. Memompa ASI
Mempompa ASI secara konsisten dan berkala di antara waktu menyusui akan meningkatkan produksi ASI. Pompalah masing-masing payudara setidaknya selama 10 menit sekali. Perlu juga kita ketahui bahwa produksi ASI akan meningkat pada pukul 2-5 pagi.

2. Memijat payudara
Melakukan sebuah pemijatan yang benar pada payudara akan membuat produksi ASI meningkat.Pemijatan bisa mulai dilakukan dari bagian pangkal payudara, tekan dinding payudara menggunakan dua jari yakni jari telunjuk dan jari tengah. Kemudian lakukan gerakan melingkar pada bagian luar payudara selama 30 detik lalu buat gerakan memutari payudara hingga menuju puting seperti bentuk obat nyamuk. Ingat lakukan hanya dari pangkal menuju puting. Bukan sebaliknya.

3. Janganlah berhenti menyusui
Meskipun kita merasa bahwa produksi ASI kita sedikit, maka janganlah berhenti untuk menyusui sekalipun. Teruslah rajin dan konsisten menyusui, hal tersebut akan merangsang payudara kita untuk memproduksi ASI lebih banyak. Jangan lupa pula untuk menyusui bayi menggunakan kedua payudara secara bergantian.

4. Skin to skin nurse
Ketika sedang menyusui, maka usahakanlah  sesering mungkin kulit ibu bersentuhan dengan kulit bayi. Selain merangsang produksi ASI supaya lebih banyak maka hal ini juga akan meningkatkan ikatan emosional antara ibu dan anak.

5. Menyusui setiap 2-3 jam
Adanya jadwal menyusui yang teratur akan semakin merangsang produksi ASI supaya lebih banyak, terutama ketika bayi baru lahir. Bayi baru lahir biasanya akan minum ASI hingga 12 kali dalam sehari. Maka berikanlah ASI setiap 2-3 jam, bahkan ketika bayi sedang tidurpun maka harus kita bangunkan supaya bisa diberikan ASI. Hal ini agar nutrisi bayi tercukupi.

6. Makan makanan yang bergizi
Selama masa menyusui yang eksklusif, maka ibu sangat memerlukan tambahan asupan kalori sebesar 300-500 kalori setiap hari. Makanan yang bergizi dan sehat akan meningkatkan produksi dan kualitas ASI yang dimiliki oleh ibu. Tidak ada makanan tertentu untuk dikonsumsi seorang ibu yang penting bergizi dan sehat.

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh seorang ibu untuk memperbanyak produksi ASI untuk bayinya.  Bayi yang baru lahir sangat memerlukan ASI secara eksklusif.  Bahkan pemberian ASI pada bayi itu diwajibkan selama 6 bulan pertama.  Semoga kita sebagai ibu dan calon ibu bisa melakukan cara tersebut untuk memberikan yang terbaik buat sang buah hati.