Bagaimana Resep Labu Kuning di Jadikan Mpasi?

MPASI atau makanan pendamping asi merupakan tahapan dimana seorang bayi mulai dikenalkan dengan yang namanya makanan. Jika bayi kesayangan anda sekarang sudah mulai menginjak usia 6 bulan. Dan jika anda berhasil menjalankan pemberian ASI eksklusifnya selama 6 bulan pertama. Maka setelah itu sudah bisa memberikan makanan pendamping ASI MPASI untuk memenuhi kebutuhan dari gizinya. Berikut ada penjelasan Resep Labu Kuning untuk dijadikan Mpasi.


Makanan bayi tentunya berbeda dengan makanan orang yang sudah dewasa. Jenis, rasa dan tekstur makanan bayi harus benar-benar sangat diperhatikan karena mengingat sistem pencernaan bayi masih belum sempurna. Makanan sehat akan membantu menunjang tumbuh kembang pada bayi. Banyak sekali pilihan bahan makanan sehat yang dapat diolah menjadi makanan pendamping untuk bayi, dimana salah satunya yaitu bubur labu kuning.

Labu kuning itu sendiri dapat diolah menjadi berbagai hidangan makanan yang bisa dinikmati. Selain dapat dikonsumsi oleh orang dewasa. Ternyata labu kuning juga baik dikonsumsi oleh bayi karena terkenal kaya kandungan gizinya yang bermanfaat untuk bayi.

Labu kuning pada umumnya memiliki ukuran yang cukup besar dengan bentuk bulat, pipih, panjang atau bahkan lonjong tergantung varietasnya. Labu kuning yang masih muda sebagian besar berwarna sangat hijau. Sedangkan untuk labu kuning yang berwarna tua memiliki warna kuning yang lebih pucat.

Warna kuning yang terdapat pada daging labu kuning ini menandakan dengan adanya kandungan karotenoid yang sangat tinggi. Dimana kandungan karotenoid yang terdapat dalam labu kuning untuk bayi pada umumnya berbentuk betakaroten. Labu kuning untuk bayi memiliki lebih banyak manfaat. Kandungan nutrisinya dapat membantu untuk mengoptimalkan tumbuh kembang pada bayi. Selain itu, cara mengolah labu kuning untuk bayi itu sendiri sangatlah mudah dan tidak ribet.

Selain kaya serat, labu kuning mengandung vitamin A dan C yang sangat berlimpah. Anda bisa memberikan bahan makanan satu ini pada bayi dengan memanggang atau merebusnya. Untuk menambahkan rasa bisa ditambahkan taburan keju atau dicampur aneka jenis sayur yang lain. Tentu bayi akan sangat menikmatinya, apalagi kalau diberikan sambil diajak jalan-jalan keluar.

Tidak selamanya kebutuhan gizi pada bayi bisa dipenuhi hanya dengan pemberian ASI. Seiring dengan pertambahan usianya, bayi juga membutuhkan kelengkapan gizi yang berbeda dibandingkan dengan usia sebelumnya. Bayi akan mulai membutuhkan zat besi dari sumber lain mulai dari umur 6 hingga 9 bulan.

Bagaimana Resep Labu Kuning untuk Bubur Mpasi?
Bahan yang perlu dipersiapkan:
• 50 gram labu kuning, cuci yang bersih, kupas dan potong dadu
• 50 gram daging ayam, cuci yang bersih dan potong dadu
• 25 gram bayam, lalu potong tangkainya dan cuci bersih
• dan 50 ml ASI

Cara membuat MPASI ini yaitu:
Rebus potongan dari labu kuning tadi dan ayam hingga matang. Kemudian masukkan bayam ke dalam rebusan kemudian rebus lagi tunggu hingga bayam lunak lalu tiriskan. Lanjut lagi haluskan bahan yang sudah ditiriskan tadi. Bisa juga anda tambahkan dengan sedikit sisa air rebusan atau bisa juga ditambah dengan ASI.

Pada prinsipnya dalam pemberian makanan bayi pendamping ASI diberikan secara bertahap baik bentuk maupun jumlah. Diawali dulu dengan menu pengenalan makanan yang bertekstur encer terlebih dahulu dan kemudian secara bertahap diperkenalkan dengan tekstur yang lebih padat.
Pengelompokkan makanan berdasarkan usia bayi hanya bersifat umum, pada penerapannya lebih dipengaruhi oleh adanya faktor perkembangan kemampuan pencernaan dan selera pada bayi. Akan tetapi ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu dengan pemberian yang terlalu dini yang akan mengganggu penyerapan dari zat gizi. Semoga artikel tentang resep labu kuning ini bermanfaat.