Resep Sate Padang Asli Enak Banget

Kuliner sate Padang mungkin di Jawa tak se populer sate kambing, atau sate ayam, dan sebagainya. Namun inginkah anda mencoba suatu hidangan sate yang berbeda dari masakan kebanyakan? Jika ya, sate Padang bisa jadi jawabannya karena sate ini bercitarasa rempah yang kuat dengan kuah santan yang kental dengan bumbu kacang pada umumnya.

Bagi anda yang penasaran untuk mencobanya, tak perlu pergi ke daerah asalnya  Padang, Sumatra Barat untuk bisa menikmatinya. Dengan resep sate Padang di bawah ini anda bisa menciptakan hidangan lezat di rumah.

Bahan yang digunakan dalam resep sate Padang terbilang lebih rumit dari sate lainnya, misalnya sate Madura yang biasa ditemukan dijajakan di pinggir jalan atau dijual keliling. Namun memang bumbu dan rempah yang digunakan inilah yang menjadikan sate Padang populer akan kelezatannya. Untuk lebih rincinya simak penjabarannya berikut ini :

Bahan Sate Padang
- 500 gram daging sapi segar, potong kecil-kecil. Daging sapi yang baik dipercaya akan menghasilkan masakan yang enak pula
- 1 buah lidah sapi, potong dengan ukuran sama seperti daging sapi
- 500 gram jeroan sapi, cuci bersih dan potong dengan ukuran sama seperti daging sapi
- 4 helai daun jeruk
- 1 lembar daun kunyit
- 2 cm rimpang lengkuas, 2 cm rimpang jahe, dan 1 batang serai, memarkan
- 50 gr tepung beras, larutkan dengan sedikit air
- 500 mili liter air bersih

Selain bahan di atas, bumbu berikut ini perlu melalui proses diuleg atau diblender terlebih dahulu sebelum dimasak supaya aroma masing-masing bahan bisa lebih keluar.
- 5 cm rimpang kunyit, kupas kulitnya
- 1 sendok teh jintan bubuk yang sudah disangrai
- 2 sendok teh biji ketumbar yang telah disangrai
- 5 siung bawang putih
- 5 butir bawang merah
- 5 buah cabai merah atau sesuai selera
- ½ sendok teh lada bubuk
- 1 sendok teh garam
-  ½ sendok teh gula pasir

Bahan pelengkap
Untuk melengkapi sajian resep sate Padang, siapkan juga lontong atau ketupat, bawang merah goreng untuk ditaburkan di atas hidangan, daun pisang yang sudah dipotong mengikuti bentuk piring saji serta tak lupa tusuk satenya.
Jika semua bahan sudah tersedia kini masuk dalam cara pembuatan sate Padangnya.

Cara Membuat :
1. Mula-mula campur daging sapi, lidah sapi dan jeroan dengan bumbu yang telah dihaluskan untuk didiamkan setengah jam agar bumbu bisa meresap dalam daging.
2. Masak bahan pada poin a beserta daun jeruk, daun kunyit, jahe, lengkuas serta serai. Tumis hingga daging matang. Tuangkan santan serta tepung beras ke dalamnya, aduk-aduk sampai merata dan kuah mulai mengental. Angkat dan tiriskan daging sapi.
3. Nyalakan bara api, dan tusuk sate masing-masing 5-6 potong dalam satu tusuk sate, sebaiknya jangan disusun terlalu panjang supaya daging bisa matang merata. Bakar seperti biasa.

Resep sate Padang pun selesai, sekarang lapisi piring saji dengan daun pisang, dan tambahkan lontong atau ketupat, susun sate di atasnya dan siram dengan kuah santan tadi. Taburkan bawang merah goreng, sajikan selagi hangat.